Salah satu elemen penting dari kota hijau adalah kehadiran ruang terbuka hijau. Kota Meikarta Konsep itu

CMediaGroup, BEKASI.

Lippo Group, membangun Kota Mandiri Meikarta di Cikarang Bekasi. Mega proyek yang satu ini tergolong fenomenal karena menawarkan hunian modern dengan harga yang pas di kantong. Cocok buat para millennial yang hidup di kota besar.

Lippo Group merancang desain kota green city yang cocok buat para millennial. Tujuan awal kehadiran Meikarta adalah sebagai solusi dari macet dan sesaknya Jakarta. Jadi, Lippo Group mengembangkan konsep kota modern yang hijau tanpa mengabaikan kelestarian alam. Kota hijau atau green city sendiri adalah pembangunan kota berkelanjutan yang ramah lingkungan dan dicapai dengan strategi pembangunan seimbang antara pertumbuhan ekonomi, kehidupan sosial, dan perlindungan lingkungan.

Salah satu elemen penting dari kota hijau adalah kehadiran ruang terbuka hijau. Daerah yang satu ini berguna untuk mengurangi polusi, menambah estetika kota, serta menciptakan iklim mikro yang nyaman. Inilah yang dihadirkan Meikarta lewat Central Park, yaitu area terbuka hijau seluas 100 hektar. Tempat ini bakal dibuat sekeren Central Park yang ada di New York.

Konsep yang dimiliki juga meniru taman tersebut yang menyatukan pelestrian, hunian, dan taman serta pengelolaan sampah yang dibuat dengan teknologi modern. Jadi, sama sekali nggak bakal mengganggu lingkungan. Central Park di Meikarta ini nantinya akan dilengkapi dengan kebun binatang mini, jogging track, serta shelter.

Selain itu, demi mengusung konsep green city yang maksimal, Meikarta bakal menghadirkan green transportation, yaitu transportasi umum hijau yang fokus pada pembangunan transportasi massal berkualitas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penggunaan transportasi massal, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, mengurangi emisi kendaraan, dan juga menciptakan ruang jalan yang ramah bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Meikarta nantinya bakal memiliki transportasi internal APM (Automated People Mover) yang dapat menghubungkan semua bagian titik di Meikarta. Jadi, kamu yang tinggal di sana bisa dengan mudah melakukan mobilisasi sekaligus mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Gimana.

Sementara itu, Untuk menjaga kualitas air yang ada di Meikarta, kota baru ini akan menerapkan konsep green water yang menggunakan teknologi maju. Konsep ini nantinya bisa diperluas hingga penggunaan air siap minum dan pengolahan grey water (air yang telah digunakan), serta penjagaan kualitas grey water (air yang tersimpan di dalam tanah).

Meikarta juga punya danau reservoir seluas 25 hektar yang ada di dalam area Central Park. Nggak cuma bisa jadi sarana rekreasi saja, danau ini nantinya bisa jadi penanggulangan banjir karena bisa menampung air hujan.

Meikarta kasih bukti kalau kamu bisa memiliki kota masa depan yang ramah lingkungan.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*