Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yakin Meikarta Bisa bikin Airbnb Makin kaya

Bagirata.com, BEKASI

Pihak Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) meyakini yang paling diuntungkan dengan keberadaan situs hotel berbagi seperti Airbnb (Airbed and Breakfast) adalah masyarakat kalangan menengah ke atas. Sehingga, jika ada pembangunan hunian dalam skala besar dengan harga yang tidak terlampau mahal, dianggap bisa menguntungkan Airbnb secara tidak langsung.
Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Persatuan Hotel dan,Restoran Indonesia, (BPP-PHRI), Rainey Daulay, di Hotel Ibis- Harmoni. Rabu (29/11)

“Orang yang punya kamar atau apartemen untuk disewakan biasanya kalangan menengah ke atas kan, jadi kalau nanti pada beli (unit di) Meikarta, bisa bikin Airbnb makin kaya,” kata Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BPP PHRI), Rainey Daulay

Menurut nya, Situs Airbnb memungkinkan pemilik ruangan, kamar, apartemen, hingga rumah untuk menyewakan tempat mereka kepada konsumen yang mencari tempat penginapan. Belakangan, kehadiran Airbnb di Indonesia menjadi kekhawatiran pengusaha hotel dan penginapan karena belum ada regulasi yang jelas untuk mengatur mekanisme bisnisnya.

Rainier menyebutkan, tuan rumah atau host yang bekerja sama dengan Airbnb tidak sama seperti pengusaha hotel pada umumnya yang punya sejumlah pengeluaran. Di luar pengeluaran operasional seperti membayar karyawan dan perpanjangan izin, hunian milik tuan rumah di Airbnb tidak membayar pajak penghasilan maupun komisi kepada agen perjalanan atau travel agent.

Sementara itu data Airbnb yang diterima  dari awal tahun sampai November 2017, ada 881.000 wisatawan asing sekaligus pelanggan Airbnb yang datang ke Indonesia. Jumlah konsumen Airbnb di Indonesia mencapai 72 persen tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sampai saat ini ada 43.700 tempat. Total keseluruhan pendapatan tuan rumah Airbnb untuk tahun ini mencapai angka Rp 1,15 triliun.

Dari keseluruhan total pendapatan itu, 97 persen menjadi bagian tuan rumah, sedangkan 3 persennya sebagai pemasukan Airbnb.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*