Bagaimana Media Inggris Mengulas Kota Meikarta?

Bekasi, bagirata.com

Meikarta adalah kota pertama di Indonesia yang benar-benar terintegrasi.”

Begitulah penilaian The Guardian dalam artikelnya yang berjudul “Lippo’s big vision comes to life with Meikarta”. Media dari Inggris itu juga menunjuk berbagai keunggulan Meikarta yang digagas Lippo Group ini.

Terletak dekat Jakarta –tepatnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat – Meikarta menargetkan industri otomotif dan elektronik, dan akan mencakup hotel bintang lima, pusat perbelanjaan dan universitas.

Lokasi Meikarta yang berada di koridor timur Jakarta juga disebut sangat strategis. Di lokasi ini pemerintah sedang mengembangkan infrastruktur termasuk jalur transit kereta api ringan yang menghubungkan kawasan industri utama di daerah tersebut.

Koridor ini juga akan menghubungkan Jakarta dengan pelabuhan Patimban dan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

The Guardian menyebutkan, Meikarta tidak hanya mendefinisikan kembali seperti apa rupa kota modern, juga menetapkan standar baru sebuah kota dunia di Asia Tenggara dan sekitarnya.

The Guardian, membandingkan Meikarta dengan Eko Atlantic – yang terletak tepat di tepi Samudra Atlantik yang dibangun pada 2009.

“Pembangunannya dianggap sebagai penangkal yang akan mengajukan solusi atas masalah utama megacity yang terus berkembang di Lagos.”

Kota ini direncanakan untuk menciptakan lapangan kerja bagi 250.000 orang, memerangi kekurangan perumahan yang akut dan memperkuat posisi utama Lagos sebagai pusat keuangan Afrika Barat.

Seperti Eko Atlantic di Lagos, Nigeria, penciptaan lapangan kerja sangat penting bagi pembangunan Meikarta dengan sekitar 70.000 orang sudah bekerja saat ini.

Diharapkan akan lebih banyak lagi menyerap pencari kerja seiring kemajuan konstruksi dan setelah selesai. Bahkan, Meikarta diyakini mampu menciptakan lapangan kerja untuk 6 sampai 8 juta orang dalam waktu dekat.

Di luar dampak positif pada perekonomian, Meikarta juga merancang kualitas hidup yang lebih baik di kawasan yang ramah lingkungan. Polusi udara juga rendah sebab berkurangnya pergerakan kendaraan.

“Dengan Meikarta, kami menyediakan segala jenis kehidupan yang lebih baik, kualitas hidup yang lebih baik,” kata Ketut Budi Wijaya, Presiden Meikarta, kepada The Guardian. “Anda tidak berkontribusi terhadap polusi di dunia karena Anda tidak perlu menggunakan mobil Anda.”

Pembangunan Meikarta diperkirakan selesai lima tahun mendatang. Pada tahap pertama, dibangun di area seluas 22 juta meter persegi yang terletak di koridor yang menghubungkan ibu kota Indonesia Jakarta ke kota Bandung, Jawa Barat.

Rencananya, di sini akan berdiri 100 gedung pencakar langit sekitar 35 lantai hingga 46 lantai.

Para pembeli sangat antusias. Bahkan pada September, telah terjual 32.000 unit, sementara sekitar 130.000 orang membayar biaya pemesanan. Selebihnya, saat ini sedang dalam proses memesan unit yang sedang dipasarkan Meikarta.

Pada laman meikarta.com disebutkan, dengan investasi langsung Rp 278 triliun, Meikarta merupakan pengembangan 500 hektare dengan 100 hektar lahan terbuka hijau, 250.000 unit properti hunian utama dan 1.500.000 meter persegi ruang komersial utama.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*